Lubis, Nur Azizah (2018) Peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining pada siswa Kelas VII-2 Di SMP Negeri 2 Sosopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00154.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Sosopan belum sesuai yang diharapakan. Dimana siswa sulit dalam mempersentasikan hasil penyelesaian soal sehinggga pelaksanaan belajar yang tidak aktif. Selain itu sulitnya siswa dalam mengolah data diagram lingkaran,menggambar diagram batang, garis, lingkaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan statistika dikelas VII SMP Negeri 2 Sosopan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining pada pokok bahasan statistika di Kelas VII SMP Negeri 2 Sosopan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Diterapkan di Kelas VII-2 Tahun ajaran 2017/2018 pada pokok bahasan statistika yang terdiri dari 25 siswa, dimana siswa laki laki berjumlah 16 orang dan siswa perempuan berjumlah 9 Orang. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas dimana peneliti sebagai pelaksana dan guru sebagai observer. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdapat empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data yang diperlukan peneliti menggunakan tes dan Observasi. Teknik analisis yang dilakukan menggunakanan alisis data deskriptif dan analisis statistik sederhana. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas yaitu 6 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar 24%.. Setelah dilaksanakan model pembelajaran student facilitator and explaining terjadi peningkatan setiap pertemuan.Pada tes siklus I Pertemuan 1 jumlah siswa yang tuntas 8 orang siswa dengan persentase ketuntasan 32%. Kemudian pada pertemuan ke 2 meningkat menjadi 12 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 48%. Lalu dilanjutkan siklus II pada pertemuan 1 jumlah siswa yang tuntas 18 orang dengan persentase belajar 72% dan pada pertemuan ke -2 meningkat menjadi 20 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan belajar 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas VII-2 Di SMP Negeri 2 Sosopan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Komunikasi Matematika; Model Pembelajaran; Student Facilitatator and Explaining; Statistika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010302 Numerical Solution of Differential and Integral Equations |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 28 May 2020 02:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 09:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
View Item |