Arsita, Windy Ayu (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran quantum teaching pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII-11 MTsN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi Matematika di MTsN 1 Padangsidimpuan yang mengatakan bahwa hasil belajar siswa Matematika rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di Kelas VII-11 MTsN 1 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di Kelas VII-11 MTsN 1Padangsidimpuan. Hasil belajar adalah kemampuan siswa dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar. Quantum Teaching adalah pengubahan belajar yang meriah, dengan segala nuansanya, serta menyertakan segalakaitan, interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan model belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan proses pengkajian melalui system berdaur atau siklus dari berbagai kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sampaiduasiklus, untuksetiapsiklusterdiridariduapertemuan.Instrumenpengumpulan data dalampenelitianiniadalahtesdanobservasi.SubjekpenelitianiniadalahsiswaKelas VII-11 MTsN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 37 siswa. Setelah penelitian ini dilaksanakan diperoleh hasil tea swal dengan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa dari 37 siswa atau 16,21% dari jumlah siswa. Hasil tes dari Siklus I Pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata 51,62dengan persentase ketuntasan 27,02% dan pada Pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata 67,56 dengan persentase ketuntasan 45,94. Pada Siklus II Pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata 76,62 dengan persentase ketuntasan 67,56% dan Pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata 83,78 dengan persentase ketuntasan 86,48. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada tiapSiklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di Kelas VII-11 MTsN 1 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M. Ag dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Quantum Teaching; Hasil Belajar; Aritmatika Sosial |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010103 Category Theory, K Theory, Homological Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 28 May 2020 02:38 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 02:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1702 |
Actions (login required)
View Item |