Rukiyah, Rukiyah (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD (student team adchievement divisions) pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
Rukiah Skripsi Full.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar disekolah sering ditemui siswa yang hasil belajarnya masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk melihat apakah dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Team Adchievement Divisions) akan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran STAD (Student Team Adchievement Divisions) akan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hasil belajar matematika dan model pembelajaran model pembelajaran STAD (Student Team Adchievement Divisions). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk essay dan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP N 5 Padangsidimpuan tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat pada materi aritmatika sosial melalui model STAD (Student Team Adchievement Divisions), hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata tes awal seluruh siswa yaitu 48,75 dan jumlah siswa yang lulus 4 siswa dengan persentase 16,66% dari 24 siswa. Pada tes siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 60,83 dan jumlah siswa yang lulus 7 siswa dengan persentase 60, 83% dari 24 siswa. Pada tes siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 75 dan jumlah siswa yang lulus 13 siswa dengan persentase 54,16 % dari 24 siswa. Sedangkan pada tes siklus II Pertemuan I dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 82,08 dan jumlah siswa yang lulus 17 siswa dengan persentase 70,83 % dari 24siswa. Padatessiklus II Pertemuan II dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 85,50 dan jumlah siswa yang lulus 21 siswa dengan persentase 87,5 % dari 24 siswa. Berdasarkan persentase kelulusan siswa sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II pertemuan II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model STAD; Hasil Belajar; Aritmatika Sosial |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:29 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 03:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/17 |
Actions (login required)
View Item |