Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di MTs.N 2 Padangsidimpuan

Siregar, Rina Kaspita (2018) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di MTs.N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya menanamkan nilai-nilai positif dalam diri siswa sebagai calon penerus dimasa mendatang. Pendidikan karakter perlu diberlakukan dengan mengoptimalkan peran sekolah. Penerapan pendidikan karakter dapat dilaksanakan pada seluruh mata pelajaran termasuk matematika. Matematika sekolah memiliki jumlah jam pelajaran yang relatif banyak sehingga memiliki peluang cukup baik untuk menerapkan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui usaha/rencana dan pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika, 2) mengetahui faktor pendukung yang mempengaruhi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika, 3) mengetahui faktor penghambat yang mempengaruhi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di MTs.N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling yaitu guru dan siswa yang melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter di kelas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melipuyi empat tahapan: dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Dari penelitian yang dilaksanakan maka diperoleh kesimpulan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan matematika dilakukan dengan beberapa tahap. Pertama, perencanaan implementasi pendidikan karakter di MTs.N 2 Padadangsidimpuan, dan hasil yang diperoleh sudah direncanakan dengan baik.Kedua, pelaksanaan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika yaitu implementasi nilai karakter yang terdiridari: a) disiplin, b) tanggung jawab, c) jujur, d) religious, e) rasa ingin tahu, f) komunikatif, g) toleransi, h) kerja keras, i) demokratis, j) mandiri. Nilai karakter yang dalam pelaksanaan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan matamatika secara keseluruhan sudah diterapkan dengan baik, namun nilai karakter belum sepenuhnya tercapai. Faktor pendudkung implementasi pendidikan karakter adanya komitmen Kepala Sekolah untuk mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika, adanya respon positip dari guru matematika, serta dukungan dan kerja sama dari kepala sekolah dengan guru-guru bidang study lainnya dalam mengimpementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran, dan dengan adanya tata tertib sekolah yang selalu diaplikasikan setiap hari, selanjutnya adanya sarana dan prasarana dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika, berawal dari siswa/I yang kurang merespon pendidikan karakter dengan baik, pengaruh pengunaan teknologi komunikasi dan impormasi tidak pada waktunya, serta kurangnya pengawasan, bimbingan serta arahan orang tua untuk menanamkan nilai karakter dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Implementasi; pendidikan karakter; pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 May 2020 02:37
Last Modified: 27 May 2020 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item View Item