Lubis, Nur Baiti (2019) Penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0188.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah untuk menambah wawasan peserta didik. Guru sebagai pendidik di sekolah dalam memberikan proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Guru pendidikan agama Islam harus menggunakan alat teknologi pembelajaran dengan tujuan untuk mudah dipahami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk mengetahui jenis-jenis teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, dan untuk mengetahui penghambat penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun instrument pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis datanya dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik data. Adapun hasil dalam penelitian ini yang di dapat di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. SMK Negeri 3 Padangsidimpuan sudah menggunakan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran PAI di kelas. Penggunaan teknologi pendidikan membuktikan bahwa SMK Negeri 3 Padangsidimpuan ikut mengikuti perkembangan zaman. Jenis teknologi pendidikan yang digunakan yaitu Laptop, Komputer, dan Infokus. Dengan penggunaan teknologi pendidikan ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memudahkan bagi pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Adapun yang menjadi penghambat dalam penggunaan teknologi pendidikan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu Minimnya alat-alat teknologi pendidikan yang bisa di aplikasikan dalam proses pembelajaran sehingga tidak bisa di pakai setiap pendidik setiap hari, namun harus saling berganti dengan pendidik lain. Selain itu juga kurangnya pengetahuan pendidik dalam mengaplikasikan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran, maka menjadi penghalang dalam penggunaan teknologi pendidikan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teknologi Pendidikan; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 26 May 2020 07:58 |
Last Modified: | 26 May 2020 07:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |