Suaidah, Suaidah (2018) Pengembangan lintasan belajar siswa dalam pembelajaran sifat-sifat operasi pada bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan kontekstual di SD Negeri 200303 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya siswa terhadap materi sifat-sifat operasi pada bilangan bulat, hal ini disebabkan kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kurangnya media pembelajaran matematika yang tersedia, dan tidak adanya keinginan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi pada bilangan bulat yang diberikan, hal ini terbukti dari hasil pree test yang dilakukan oleh peneliti. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep sifat-sifat operasi pada bilangan bulat. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa lintasan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas pengembangan lintasan belajar siswa kelas V SD Negeri 200303 Padangsidimpuan pada materi sifat-sifat operasi pada bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan kontekstual? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana validitas dan praktikalitas pengembangan lintasan belajar siswa kelas V SD Negeri 200303 Padangsidimpuan pada materi sifat-sifat operasi pada bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini berkaitan dengan ilmu matematika pokok bahasan sifat-sifat operasi pada bilangan bulat. Pengembangan lintasan belajar yang dilakukan mengacu pada tujuh komponen pendekatan kontekstual, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain (design reseacrh) tipe validation study yang bertujuan untuk mengembangkan alur pembelajaran untuk topik tertentu dengan menyusun aktivitas pembelajaran dalam proses pendesainan dan pengujian yang berulang, dengan aspek utamanya terletak pada proses berulang dalam melakukan eksperimen pemikiran dan pengajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200303 Padangsidimpuan dengan subyek ujicoba produk di kelas V berjumlah 29 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan valid dengan nilai 81 dari analisis 3 validator dan praktis dengan nilai 82 dari angket respon siswa, terlaksananya ketujuh komponen pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari sifat-sifat operasi pada bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lintasan Belajar; Sifat-Sifat Operasi pada Bilangan Bulat; Kontekstual |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 22 May 2020 10:21 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 07:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1634 |
Actions (login required)
View Item |