Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite & Review) terhadap hasil belajar himpunan pada siswa kelas VII di MTsN 1 Padangsidimpuan

Nasution, Rika (2018) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite & Review) terhadap hasil belajar himpunan pada siswa kelas VII di MTsN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena para siswa-siswi masih kesulitan dalam mengingat materi pelajaran karena malas dalam membaca buku serta proses belajar mengajar yang membosankan. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam proses belajar mengajar di kelas dengan menggunakan metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite & Review (PQ4R). Dengan digunakannya metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite & Review (PQ4R) dapat membantu siswa mengingat apa yang mereka baca dan dapat membantu proses pembelajaran di kelas yang dilakukan dengan kegiatan membaca buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar himpunan pada siswa kelas VII di MTsN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan model control group pre test. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Padangsidimpuan dengan sampel kelas eksperiemen VII-6 yang berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol VII-7 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil thitung > ttabel dengan masing-masing sampel 34 dan 33 dengan dk = (n1+n2-2) = 65 dengan taraf 5% yaitu 7,488 > 1,671 yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII MTsN 1 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: PQ4R; Hasil Belajar; Himpunan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 22 May 2020 10:16
Last Modified: 02 Jun 2020 07:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item