Ramadani, Ramadani (2018) Pengaruh bimbingan belajar terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Matematika di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan dalam menyelesaikan soal-soal matematika rata-rata masih kurang memuaskan dan masih sangat perlu mendapatkan bimbingan. Hal ini dapat dilihat dari siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika, kurangnya bimbingan guru terhadap setiap siswa dan siswa masih membutuhkan perhatian dan waktu yang lebih untuk dapat memahami pelajaran dengan baik. Berdasarkan permasalahan di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kegiatan bimbingan belajar, mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal-soal Matematika siswa, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal Matematika siswa di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang merupakan suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat kebelakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan yang mengikuti bimbingan belajar Matematika, yaitu sebanyak 40 siswa, sehingga penelitian ini merupakan populasi sampling atau yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh anggota populasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket/kuisioner dan tes yang terlebih dahulu telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dengan persamaan regresi linear sederhana. Dari analisis data angket dan tes diperoleh rxy = 0,6955 termasuk kategori kuat, dengan thitung = 5,9671 dibandingkan dengan ttabel = n-2 = 40-2 = 38 maka ttabel=2,0244. Karena thitung > ttabel yakni 5,9671 > 2,0244 sehingga ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal Matematika siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Adapun sumbangan X terhadap Y sebesar 48,37% dan nilai variabel Y dapat dirediksikan dengan variabel X berdasarkan persamaan regresi linear.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Belajar; Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 22 May 2020 10:10 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 07:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1632 |
Actions (login required)
View Item |