Ritonga, Amelia (2018) Pengaruh kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan, akibat rendahnya kemandirian belajar siswa dan ketidakmampuan siswa dalam memberdayakan gaya belajar yang mereka miliki. Penelitian ini mengacu pada teori belajar Gestalt, teori belajar Bruner, teori Kontruktivisme, yang mengatakan bahwa peranan utama dalam kegiatan belajar adalah aktivitas siswa dalam mengkontruksikan pengetahuannya sendiri seperti media, alat, bahan, lingkungan dan fasilitas lainny a yang disediakan untuk membantu pembetukan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar serta apakah ada pengaruh antara kemandirian dan gaya belajar terhahadap hasil belajar. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif ex-post facto. Dimana ex post facto secara harfiah berarti “sesudah fakta”, karena kausa atau sebab yang diselidiki tersebut sudah berpengaruh terhadap variabel lain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu kelas VIII-3, VIII-4 dan VIII-5 dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling yaitu teknik pengambilan sampel daerah yang digunakan unuk menentukan sampel bila objek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas. Berdasarkan uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal. Pengujian uji F diperoleh uji hipotesis pertama Fhitung > Ftabel (3,964 > 3,13) dan signifikansi < 0,05 (0,019 < 0,05), jadi ada pengaruh yang signifikan antara Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar; dan uji hipotesis kedua Fhitung > Ftabel (4,430> 3,13) dan signifikansi < 0,05 (0,011 < 0,05), jadi ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Belajar Kinestetik terhadap Hasil Belajar. Pengujian uji F diperoleh uji hipotesis ketiga yang menunjukkan Fhitung > Ftabel (4,582 > 3,13) dan signifikansi < 0,05 (0,014 < 0,05). Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara Kemandirian Belajar dan Gaya Belajar Kinestetik terhadap Hasil Belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII-3, VIII-4 dan VIII-5 MTs YPKS Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar; Gaya Belajar Kinestetik; Hasil Belajar Matematika; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 22 May 2020 09:52 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 07:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1630 |
Actions (login required)
View Item |