Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kesulitan siswa dalam belajar matematika di kelas VII MTs Jabalul Madaniyah Sijungkang

Simanjuntak, Ali Mahdi (2018) Kesulitan siswa dalam belajar matematika di kelas VII MTs Jabalul Madaniyah Sijungkang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang kesulitan siswa dalam belajar matematika, mengenai hasil belajar siswa, kesulitan apa saja yang dihadapi siswa dalam belajar matematika, bagaimana guru mengatasi kesulitan belajar di MTs Jabalul Madaniyah Sijungkang. Permasalahan yang sering dihadapi guru MTs Jabalul Madaniyah Sijungkang adalah kemampuan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Berdasarkan latar belakang diatas maka masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar matematika siswa dan faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di MTs s Jabalul Madaniyah Sijungkang. Sejalan dengan masalah di atas, maka peneliti bertujuan untuk memecahkan masalah kesulitan siswa dalam belajar matematika di MTs S Jabalul Madaniyah Sijungkang. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan test. Pengolahan dan analisis data yang dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Untuk menjamin keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa masih dibawah rata-rata berdasarkan data yang diperoleh dari skor test jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 27% dan 73% masih dibawah KKM, sedangkan KKM yang ditetapkan adalah 75. Kesulitan yang dihadapi siswa ketika belajar matematika di MTs S Jabalul Madaniyah Sijungkang adalah sulit memahami materi, sulit menggunakan rumus, sulit memahami simbol-simbol yang ada pada matematika, dan sulit memahami keterkaitan antara materi. Maka dalam hal ini seorang guru harus mendekati siswa yang mengalami kesulitan belajar agar siswa lebih giat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Matematika; hasil belajar; kesulitan siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 May 2020 02:33
Last Modified: 22 May 2020 02:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item