Juanda, Ahmad (2019) Hubungan hasil belajar operasi hitung aljabar dengan hasil belajar aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Tambangan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar operasi hitung aljabar dan hasil belajar aritmetika sosial siswa, pembelajaran matematika bersifat hierarki artinya bahwa materi yang dipelajari dalam matematika selalu berhubungan dengan materi yang akan dipelajari berikutnya. Jadi, hasil belajar suatu materi matematika mempunyai hubungan dengan hasil belajar matematika pada materi sebelumnya. Salah satu materi matematika di kelas VII adalah aritmatika sosial, maka hasil belajar aritmatika sosial diduga mempunyai hubungan dengan hasil belajar operasi hitung aljabar karena operasi hitung aljabar merupakan materi prasyarat dari aritmatika sosial. Rumusan dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar operasi hitung aljabar dan gambaran hasil belajar aritmatika sosial serta apakah ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar operasi hitung aljabar dengan hasil belajar aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Tambangan. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah hasil belajar operasi hitung aljabar dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi yaitu untuk melihat hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambangan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah anggota populasi sebanyak 55 siswa. Kemudian, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh yaitu mengambil semua anggota populasi menjadi sampel. Maka sampel dalam penelitian ini semua kelas VII SMP Negeri 1 Tambangan sebanyak 55 siswa. Pengumpulan data yang diperoleh dianalisis dengan 2 tahap. Tahap pertama, analisis dekskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara singkat, teratur dan jelas mengenai mean, median, modus, standar deviasi, distribusi frekuensi dan histogram dari variabel-varabel penelitian. Sedangkan tahap kedua, analsis statistika infrensial bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan rumus product moment (untuk mengetahui besarnya hubungan variabel X terhadap variabel Y) pada interval kepercayaan 95% serta rumus uji t (untuk uji signifikansi variabel penelitian) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment diperoleh rhitung = 0,773 > rtabel = 0,266 dengan koefisen determinasi (KD) sebesar 59,75%. Untuk uji t, diperoleh nilai thitung =13,98 > ttabel =2,006, ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar operasi hitung aljabar dengan hasil belajar aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Tambangan.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar operasi hitung aljabar; hasil belajar aritmatika sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2020 01:52 |
Last Modified: | 22 May 2020 01:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1616 |
Actions (login required)
View Item |