Riyati, Riyati (2016) Pengaruh kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 6 Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0268.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) yang kreatif dan aktif dalam proses mengajar akan tetapi siswanya belum mampu membaca Al-Qur’an, ini disebabkan keinginan dalam belajar baca tulis Al-Qur’an kurang sehingga rendahnya kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Sehingga ini akan berpengaruh tehadap hasil belajar PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 6 Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu “Untuk mengetahui pengaruh kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI Di SMP Negeri 6 Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara”. Metode penelitian ini dengan metode deskriftif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel dalam skripsi ini ada 2 yaitu kemampuan siswa dalam baca tulis Al- Qur’an (X) dan Hasil Belajar PAI (Y), metode penelitian ini juga memerlukan populasi penelitian dengan sampel penelitian siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP Negeri 6 Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara yang berjumlah 68 siswa. Di samping itu penulis juga menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari Angket. Kemudian mengolah data yang telah didapat dengan menggunakan rumus Product moment dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan angka yang signifikan atau berpengaruh antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an (variabel X) dengan Hasil belajar PAI (variabel Y). Hal ini berdasarkan perhitungan yang diperoleh nilai rxy = 0,601 dengan kontribusi sebesar 36,1% dan sisanya dan sisanya 63,9% ditentukan oleh variabel lain. Variabel kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an mempunyai hubungan yang kuat terhadap variabel hasil belajar PAI. Sedangkan dari perhitungan uji t diperoleh sebesar 6,11 sedangkan nilai , 1,668. Sedangkan nilai pada taraf 5%. Jadi, 6,11 > 1,668. Maka hal ini dapat diartikan bahwa variabel kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel hasil belajar PAI melalui persamaan regresi Y = 26,623+ 0,567
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Siswa Dalam Baca Tulis Al-Qur’an; Hasil Belajar PAI |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 21 May 2020 06:17 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 07:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1614 |
Actions (login required)
View Item |