Batubara, Sahlan (2016) Kompetensi kepribadian pendidik muslim Menurut Hamka. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0164.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pendidik merupakan salah satu komponen pendidikan yang menempati posisi yang sangat urgen dalam mencapai tujuan dan cita-cita pendidikan. Pendidik bertanggung jawab membimbing peserta didik baik spiritual, intelektual, moral dan estetika, bahkan kebutuhan jasmaniah dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensinya yang meliputi potensi afektif, kognitif, dan psikomotorik sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Seorang pendidik harus bisa menanamkan kepribadian pada diri peserta didik. Oleh karena itu pendidik harus mempunyai kompetensi kepribadian yang mantap, supaya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi kepribadian pendidik Muslim menurut Hamka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi kepribadian pendidik Muslim menurut Hamka. Ruang lingkup penelitian ini hanya mengkaji bagaimana kompetensi kepribadian pendidik Muslim menurut Hamka. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan empat macam pendekatan yaitu: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Penelitian ini bersifat Library Research yakni penelaahan terhadap beberapa literatur atau karya-karya ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan membaca, menelaah, dan menganalisa buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang dikaji. Kemudian data-data tersebut dikumpul, diseleksi, dan disimpulkan apakah data-data tersebut memenuhi kriteria yang digunakan dalam menelusuri objek kajian. Dalam menganalisa data, digunakan metode Content analysis (analisis isi). Dari pembahasan yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian yang harus ada pada pendidik Muslim menurut Hamka sebagai berikut: (1) beriman dan bertakwa, (2) jujur dan amanah, (3) tawakal dan ikhlas, (4) bersyukur dan penyabar, (5) tawaduk, empati dan pemaaf, (6) toleransi, dermawan dan sederhana, (7) berani, bijaksana dan tanggung jawab, (8) cerdas, berakal dan berilmu, (9) tahu diri dan intropeksi diri, (10) istikomah dan percaya diri, (11) memiliki etos kerja, (12) adil dan berpandangan baik (13) beradab dan malu (14) sehat jasmani, rohani dan berwibawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Anhar, M.A dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Kompetensi Kepribadian Pendidik |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 22 May 2020 02:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 02:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1594 |
Actions (login required)
View Item |