Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Sistem pengasuhan dalam pembentukan perilaku anak di panti asuhan HAYAT Sabungan Jae Padangsidimpuan.

Siregar, Mahyunita (2016) Sistem pengasuhan dalam pembentukan perilaku anak di panti asuhan HAYAT Sabungan Jae Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 120 0016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah sistem pengasuhan dalam pembentukan perilaku anak di Panti Asuhan HAYAT. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah, bagaimana sistem pengasuhan dalam pembentukan perilaku anak di Panti Asuhan HAYAT, apa saja upaya yang diberikan pengasuh dalam pembentukan perilaku anak di Panti Asuhan HAYAT, serta apa saja hambatan pengasuh dalam sistem pembentukan perilaku anak di Panti Asuhan HAYAT. Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengasuhan dalam pembentukan perilaku anak di Panti Asuhan HAYAT, untuk mengetahui upaya yang di berikan pengasuh dalam pembentukan perilaku anak di Panti Asuhan HAYAT, dan untuk mengetahui hambatan pengasuh dalam pembentukan perilaku anak di Panti Asuhan HAYAT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, berdasarkan jenisnya penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah pengasuh yang menerapkan sistem pengasuhan dalam pembentukan paerilaku anak di Panti Asuhan HAYAT. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri dari interview atau wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui adapun sistem pengasuhan dalam pembentukan perilaku anak di Panti Asuhan ini adalah (1)Membiasakan anak-anak asuh agar melaksanakan shalat berjama’ah. Dengan tujuan agar anak-anak lebih disiplin. (2) Membiasakan anak-anak asuh untuk mengikuti kegiatan rutinitas seperti: Membaca surah Al-Waqiah, setelah Shalat Magrib, Ceramah (taklim), setelah Shalat Isya, Membaca Al-Ma’tsurat setelah Shalat Shubuh, Pengajian pada malam Rabu, Membaca surah Al-Kahfi pada malam jum’at. (3) Membiasakan anak-anak agar berpakaian sopan (busana muslim). (4) Membiasakan anak-anak agar menjaga kebersihan. (5) Membiasakan anak-anak asuh mengucapkan salam sebelum masuk rumah. Upaya yang di berikan pengasuh adalah memberikan pendidikan pada anakanak asuh, Memberikan keterampilan-keterampilan (menjahit, memasak, komputer), Menjalankan kedisiplinan, Memberikan sanksi bagi anak-anak yang melangar peraturan Panti. Adapun hambatan dalam sistem pengasuhan anak di Panti Asuhan HAYAT ini adalah Kurang disiplin, Keluar dari asrama Panti Asuhan (tidak permisi), Tidak mau menceritakan permasalahannya langsung kepada pengasuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Syahid Muammar Pulungan, SH dan Mohd. Rafiq, M.A
Keywords: Pembentukan Perilaku Anak; Panti Asuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 18 May 2020 02:14
Last Modified: 18 Aug 2021 08:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item