Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar

Juwita, Juwita (2016) Upaya guru agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya guru Agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar“ maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mutu pembelajaran, bagaimana upaya guru dan apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar. Dalam masalah di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar, faktor yang mempengaruhi guru Agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini dilaksanakan penelitian dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan wawancara dan analisis data yang dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa, upaya yang dilakukan guru Agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar adalah ada 2 cara yaitu: internal guru yaitu upaya guru meningkatkan profesi, membaca buku serta memperbanyak sumber buku untuk diajarkan, menggunakan metode bervariasi dan menggunakan media dalam pembelajaran, kognitif siswa yaitu kerjasama guru dan orang tua dan akhlak siswa. Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI adalah menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan media dalam pembelajaran. Kendalanya adalah kurangnya jam pelajaran pendidikan agama Islam, kurangnya kemauan siswa, kurangnya motivasi, faktor keluarga, kurangnya media pendukung dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran; mutu; guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 May 2020 02:37
Last Modified: 15 May 2020 07:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item