Fierdha, Fierdha (2025) Pengaruh affiliate marketing, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian di e-commerce. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2040200018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan affiliate marketing, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian di e-commerce. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang affiliate marketing, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian era digital yang terus berkembang, perusahaan semakin mengandalkan affiliate marketing sebagai strategi pemasaran untuk memperluas jangkauan pasar. Kualitas produk yang baik dan harga yang kompetitif juga dianggap faktor penting dalam memengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Sampel penelitian ini sebanyak 75 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner. Analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Pengolahan data dilakukan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel affiliate marketing, kualitas produk, dan harga secara parsial (uji t) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada kalangan Mahasiswa/i Prodi Ekonomi Syariah, angkatan 2021/2022 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan di e-commerce Shopee dan Tiktok Shop. Sementara itu secara simultan (uji F) berpengaruh positif secara bersama-sama. Berdasarkan hasil penelitian ini affiliate marketing, kualitas produk, dan harga memberikan banyak pengaruh terhadap keputusan pembelian sehingga hal tersebut perlu ditingkatkan, akan tetapi masih terdapat beberapa pengaruh terhadap keputusan pembelian di e-commerce pada Mahasiswa/i yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | H. Aswadi Lubis, M.Si dan Rizki Pratiwi Harahap, M.M |
| Keywords: | Affiliate marketing; Kualitas produk; Harga; Keputusan pembelian; E-commerce |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 08:37 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 08:37 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
