Siregar, Siti Zubaidah (2025) Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi transformasi energi di Kelas IV UPTD SDN 09 Parimburan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120500066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN 09 Parimburan menjadi permasalahan yang mendasar dalam proses pembelajaran. Observasi awal menunjukkan bahwa guru jarang menggunakan media pembelajaran, guru cenderung menggunakan buku sebagai media dalam proses mengajar dan siswa menjadi bosan, kurangnya daya tarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas, sehingga kelas menjadi tidak kondusif karena kurangnya keterkaitan guru dan siswa saat proses belajar mengajar di kelas. Hal ini mengakibatkan siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dan berdampak negatif terhadap hasil belajar. Dalam upaya mengatasi masalah ini, “media audiovisual” digunakan sebagai media yang dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran yang dapat menjadikan kelas kondusif, siswa tidak merasa bosan dan fokus terhadap materi yang guru sampaikan melalui tampilan audiovisual menjadi perantara yang memudahkan siswa untuk menerima pesan ataupun materi pelajaran yang ditampilkan oleh guru, melalui media audiovisual siswa dapat memahami konsep yang bersifat abstrak menjadi konkret karena media audiovisual memiliki elemen audio dan visual yang memudahkan siswa untuk memahami materi dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS materi transformasi energi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar obse rvasi, wawancara, dan tes kognitif yang diukur sebelum dan setelah penggunaan media audiovisual. Hasil penelitian dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 09 Parimburan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari prasiklus dan siklus I sampai dengan siklus II dengan persentase ketuntasan 40 % sampai 85% dengan perolehan nila rata-rata 63 hingga 73,5. Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada siklus II Pertemuan Pertama karena telah mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Kesimpulannya, peggunaan media audiovisual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas IV. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran serupa di kelas lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Nashran Azizan, M.Pd |
| Keywords: | Media audiovisual; Hasil belajar; Siswa; Ilmu Pengetahuan Alam Sosial; Transformasi energi; Kelas IV; UPTD SDN 09 Parimburan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 08:07 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 08:07 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
