Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru sejarah kebudayaan islam dalam menumbuhkan karakter kepemimpinan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Persiapan Negeri Bintang Sembilan Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah

Tanjung, Rahmad Syaiful (2025) Peran guru sejarah kebudayaan islam dalam menumbuhkan karakter kepemimpinan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Persiapan Negeri Bintang Sembilan Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100188.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Peran guru dalam pendidikan sangat penting dan mencakup beberapa tugas dan fungsi guru harus memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup luas seputar media dan metode dalam pendidikan karena saat ini media merupakan alat untuk menunjang proses belajar mengajar agar lebih efektif. Sikap dan karakter setiap orang sama dalam perkembangannya, tetapi berbeda dalam pembentukannya. Pada dasarnya, pembentukan sikap dan karakter tidak terjadi dengan sembarangan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peran guru dalam Menumbuhkan Karakter kepemimpinan Pada Siswa dan Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam Menumbuhkan Karakter kepemimpinan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Persiapan Negeri Bintang Sembilan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ialah guru sebagai pendidik dan murid sebagai peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Persiapan Negeri Bintang Sembilan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik yang digunakan untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh adalah dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru dalam menumbuhkan sikap kepemimpinan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Persiapan Negeri Bintang Sembilan dilihat ada beberapa peran yaitu Peran Guru sebagai Pendidik dan Pengajar. Seperti keteladanan, pembiasaan, penguatan, integrasi Nilai Kepemimpinan dan pembelajaran berbasis proyek dan Guru sebagai Mediator dan Fasilitator seperti Mediator, Fasilitator, Model Perilaku, Pembimbing Karakter dan Integrasi Nilai Kepemimpinan. Guru sebagai Pembimbing dalam Pengawas seperti Pemantauan Personal, Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan, Pengawasan Etika, Pembinaan Ekstrakurikuler dan Integrasi Nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Reyendriani Fahmei Lubis, M.Ag
Keywords: Guru; Sejarah kebudayaan islam; Kepemimpinan; Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri Bintang Sembilan; Kecamatan Sibabangun; Kabupaten Tapanuli Tengah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2025 05:49
Last Modified: 22 Dec 2025 05:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13200

Actions (login required)

View Item View Item