Dalimunthe, Nusirwan (2025) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik Kelas III SDN 117865 Kabupaten Labuhan Batu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120500077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik yang belum terlaksana secara utuh dan optimal, hal ini terlihat dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa dimana kegiatan belajar berbasis pendekatan saintifik tersebut tidak sepenuhnya terlaksana dengan baik, sehingga proses pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh guru dan siswa terlihat menoton,siswa menjadi mudah bosan dan kurang perhatian dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas III SDN 117865 Kabupaten Labuhan Batu Utara. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada lima langkah utama, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di kelas III SDN 117865 Kabupaten Labuhan Batu Utara dengan sumber data penelitian dari wali kelas III, siswa kelas III serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data menggunakan dua macam teknik tringulasi yaitu tringulasi sumber dan tringulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik dilakukan oleh guru melalui sejumlah tahapan dengan menyusun silabus, menyusun RPP, mempersiapkan buku tematik dan sumber belajar lainnya. Pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik dilakukan oleh guru dan siswa melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam pelaksaan kegiatan inti dapat menunjukkan hasil bahwa dari tiga dari lima kegiatan pada pendekatan saintifik yakni kegiatan menanya, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan sepenuhnya tidak terlaksana dengan baik dan optimal karena masih ditemukan berbagai indikator pada kegiatan belajar berbasis pendekatan saintifik ini yang tidak muncul bahkan tidak terlaksana dalam proses pembelajaran tematik. Evaluasi pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik dilakukan oleh guru dengan menggunakan penilaian autentik untuk menilai setiap aspek pada siswa yaitu aspek sikap (afektif), aspek pengetahuan (kognitif), dan aspek keterampilan (psikomotorik).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd., M.Pd.I |
| Keywords: | Pendekatan saintifik; Pembelajaran tematik; Kelas III; SDN 117865; Kabupaten Labuhan Batu Utara |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 03:41 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 03:41 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
