Samosir, Alwi Sahroji (2025) Strategi guru dalam pembinaan karakter santri di Pondok Pesantren An-Nur Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1920100286.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Strategi pembinaan karakter santri yang peneliti bahas dalam penelitian ini adalah Strategi Pembinaan dengan pembiasaan dan pembelajaran serta mendidik karakter Santri di Pondok Pesantern An-Nur Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Latar belakang masalah Penelitian ini adalah studi awal menunjukkan bapak hasanuddin memulai proses belajar mengajar dengan membacakan sholawat harian dalam menyampaikan pelajaran akidah akhlak tentang membiasakan akhlak terpuji. Strategi sudah maksimal untuk membina karakter santri, tapi masih ada santri yang membolos sekolah, keluar pesantren tanpa izin dan malas dalam beribadah. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi seputar strategi guru dalam pembinaan karakter santri di Pondok Pesantren An-Nur Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, dan program-program yang dilakukan guru dalam pembinaan karakter santri di Pondok Pesantren An-Nur Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber data primernya adalah santri dan juga guru dan sumber data sekundernya adalah data pelengkap yang dibutuhkan seperti data sekolah, data santri, dan data-data yang terkait dengan strategi guru dalam pembinaan karakter santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi yang dilakukan guru dalam pembinaan karakter santri adalah: 1) strategi pembinaan karakter dengan menggunakan strategi pembelajaran afektif, 2) strategi pembinaan karakter dengan menggunakan strategi pembelajaran kuantum (Quantum Teaching), 3) strategi pembinaan karakter dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiry. Adapun Program yang diterapkan guru dalam pembinaan karakter santri dengan kegiatan keagamaan , yaitu: 1)iman dan taqwa, 2)pengajian kelas, 3) munawwarah dan mufrodat, 4) mentoring.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
| Keywords: | Strategi; Guru; Pembinaan karakter; Santri; di Pondok Pesantren An-Nur Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:16 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:16 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
