Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan agama islam Kelas X di Sman 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Hasibuan, Hambali (2025) Strategi guru pendidikan agama islam Kelas X di Sman 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100270.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini merupakan salah satu upaya untuk menerapkan bagaimana nilai-nilai ajaran agama islam yang ada pada tiap materi mampu dipelajari, dipahami serta bisa diamalkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menemukan berbagai strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Angkola Barat menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang berfokus pada pendekatan ekspositori, inkuiri, kooperatif, dan afektif. Setiap strategi memiliki kelebihan dan tantangan tersendiri dalam pelaksanaannya. Strategi ekspositori lebih banyak digunakan untuk menyampaikan materi secara sistematis dan efisien, namun kurang mendorong keterlibatan aktif siswa. Strategi inkuiri berhasil mendorong siswa untuk aktif mencari informasi dan berpikir kritis, meskipun ada tantangan dalam pengelolaan waktu dan sumber belajar. Strategi kooperatif memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja sama dalam kelompok, namun terdapat kendala dalam mengatur kontribusi setiap siswa. Sementara itu, strategi afektif lebih menekankan pada pembentukan sikap dan karakter siswa melalui pembelajaran nilai-nilai agama yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X beragam dam memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof.Dr. H. Syafnan,M,Pd dan Latifa Annum Dalimunthe,S.Ag., M,Pd.I
Keywords: Strategi; Guru: Pendidikan agama islam; Kelas X Sman 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:16
Last Modified: 22 Dec 2025 01:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13184

Actions (login required)

View Item View Item