Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI) untuk meningkatkan minat belajar siswa mempelajari mata pelaran IPA di Kelas V SD Negeri 200405 Hutaimbaru

Nasution, Dama Yanti (2025) Penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI) untuk meningkatkan minat belajar siswa mempelajari mata pelaran IPA di Kelas V SD Negeri 200405 Hutaimbaru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran SAVI akan dapat meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi di SDN 200405 Hutaimbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 200405 Hutaimbaru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajan SAVI dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dan diperoleh hasil angket minat belajar siswa menunjukkan bahwa minat belajar di kelas V dalam mata pelajaran IPA mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata pada perolehan nlaii angket siswa di setiap siklusnya, yaitu pada prasiklus rata-rata 55% dan ketuntasan sebesar 11% (2 dari 22 siswa). Pada siklus I pertemuan I menjadi skor rata-rata siswa 70% dan ketuntasan sebesar 50% (11 dari 22 siswa). Pada siklus I pertemuan II skor rata-rata siswa 75% dan ketuntasan sebesar 54% (12 dari 22 siswa). Pada siklus II pertemuan I skor rata-rata siswa 90% dan ketuntasan siswa 86% (19 dari 22 siswa). Dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 200405 Padangsidimpuan. Untuk penelitian selanjutnya peneliti berharap agar proses pembelajaran lebih di tingkatkan agar tercapainya tujuan pembelajaran, serta waktunya diperpanjang dalam penerapan model pembelajaran SAVI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Diyah Hoiriyah, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI); Minat belajar; Siswa; IPA; Kelas V; SD Negeri 200405 Hutaimbaru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:02
Last Modified: 17 Dec 2025 04:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13144

Actions (login required)

View Item View Item