Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri 0905 Aek Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas

Hsb, Nursaidah (2025) Peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri 0905 Aek Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500177.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah studi pendahuluan adalah rendahnya kemampuan siswa, dalam membaca nyaring pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 0905 Aek Bongbongan. Adapun salah satu penyebabnya adalah guru belum menerapkan media pembelajaran yang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media cerita bergambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring kelas II SD Negeri 0905 Aek Bongbongan kecamatan huristak kabupaten padang lawas? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan media cerita bergambar pada kelas II SD Negeri 0905 Aek Bongbongan kecamatan huristak kabupaten padang lawas.Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) menggunakan media cerita bergambar yang terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap perancanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Adapun subjek utama penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 0905 Aek Bongbongan berjumlah 24 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus 4 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa hasil observasi peningkatan kemampuan membaca nyaring pada kondisi awal sebelum menggunakan media cerita bergambar dalam pembelajaran ialah 60,68%, siklus I terjadi peningkatan minat rata-rata 67,95%, siklus II terjadi peningkatan 81,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring peserta didik di kelas II SD Negeri 0905 Aek Bongbongan kecamatan huristak kabupaten padang lawas pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan nyaring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Membaca nyaring; Media cerita bergambar; Bahasa Indonesia; Siswa; SD Aek Bongbongan; Kecamatan Huristak; Kabupaten Padang Lawas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:01
Last Modified: 17 Dec 2025 03:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item