Hasibuan, Fadli Mahmul (2025) Pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi hidrokarbon di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Falah Panompuan Kecamatan Angkola Timur. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020700004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendekatan saintifik pada materi hidrokarbon masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh, tidak menyukai mata pelajaran kimia dan menganggap kimia adalah pelajaran yang sulit mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang imajinasi siswa yaitu berupa media LKPD pokok bahasan hidrokarbon. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran LKPD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan hidrokarbon di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Falah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran berupa LKPD pokok bahasan hidrokarbon untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan hidrokarbon di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Falah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develovment, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Falah dengan subjek uji coba produk dikelas XI berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, wawancara, dan angket serta menggunakan teknik analisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 81,81% (Baik), ahli media sebesar 80% (Baik), ahli bahasa sebesar 82% (Baik). Hasil persantase keseluruhan validator dari 3 ahli yaitu 80,36% dengan kategori Baik. Kemudian hasil respon siswa terhadap media pembelajaran LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 81,34 % . Selanjutnya hasil pemberian SPSS versi 22 dengan sig (2 tailed) 0, 00 < 0,05, sepertinya adanya peningkatan yang signifikan antara hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran LKPD dengan hasil belajar sesudah menggunakan media pembelajaran LKPD. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran LKPD yang dikembangkan adalah efektif. Tingkat kevalidannya yaitu 81,27% yang termasuk dalam kriteria baik, tingkat praktikalitasnya adalah 81,67% dengan kriteria baik, dan tingkat efektivitasnya yaitu sebesar 0,39 dengan kriteria sedang
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr.Mariam Nasution,M.Pd dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd |
| Keywords: | LKPD; Berbasis saintifik; Materi hidrokarbon; Madrasah Aliyah Swasta Nurul Falah Panompuan; Kecamatan Angkola Timur |
| Subjects: | 09 ENGINEERING > 0904 Chemical Engineering |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
| Depositing User: | Mrs. Zura idah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:28 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:28 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
