Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online di platform facebook berdasarkan hukum ekonomi syariah

Fitri, Nadhira Salsabila (2025) Analisis perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online di platform facebook berdasarkan hukum ekonomi syariah. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2010200005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online di platform Facebook. Dengan meningkatnya transaksi online, khususnya di media sosial, penting untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip Syariah dapat diterapkan untuk melindungi konsumen dari praktik-praktik yang merugikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kasus. Responden penelitian terdiri dari 5 orang yaitu 3 orang penjual dan 2 orang konsumen yang aktif bertransaksi di Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun banyak pelaku usaha yang menyadari prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah, penerapannya dalam praktik masih lemah. Sebagian besar konsumen merasa tidak terlindungi dan kurang memahami hak-hak mereka dalam transaksi online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip perlindungan konsumen dalam hukum ekonomi syariah mencakup keadilan, transparansi, tanggung jawab, dan perlindungan kualitas serta keamanan produk. Keadilan memastikan keseimbangan hak antara konsumen dan penjual, sementara transparansi mencegah penipuan melalui informasi yang jelas. Tanggung jawab penjual mencakup penyediaan produk berkualitas dan mekanisme pengembalian barang. Facebook, sebagai platform jual beli, perlu memperbaiki kebijakan perlindungan konsumen, termasuk prosedur pengembalian barang dan respons terhadap komplain. Meskipun Facebook mempermudah transaksi dan meningkatkan aksesibilitas, perbaikan dalam penyelesaian sengketa dan perlindungan konsumen sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Supervisors: Adi Syahputra Sirait,M.H.I dan Sylvia Kurnia Ritonga, M.Sy
Keywords: Perlindungan konsumen; Transaksi; Jual beli online; Platform facebook; Hukum; Ekonomi syariah
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:27
Last Modified: 17 Dec 2025 01:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item