Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pengetahuan teknologi informasi dan e-commerce terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Harahap, Ayu Insaini (2025) Pengaruh pengetahuan teknologi informasi dan e-commerce terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, peluang berwirausaha sangat besar. Namun masih banyak mahasiswa yang tidak memanfaatkan peluang dari teknologi informasi dalam membuka sebuah usaha, padahal teknologi informasi telah menyediakan teknologi yang maju yaitu dengan tersedianya e-commerce yang lebih praktis dan dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha, khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisinis Islam (FEBI) Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2021. Faktor yang mempengaruhi mahasiswa kurang berminat dalam berwirausaha yaitu mahasiswa kurang memiliki wawasan dalam berwirausaha dan mahasiswa kurang mampu mengelola keuangan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknologi informasi dan e-commerce berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pengetahuan teknologi informasi dan e-commerce berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa FEBI UIN syahada Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 156 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 61 responden. Teknik pengumpulan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket/kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien regresi secara parsial (uji t), uji koefisien regresi secara smultan (uji f) dan uji koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan teknologi informasi tidak pengaruh terhadap minat berwirausaha program studi Ekonomi Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan Angkatan 2021. E-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa program studi Ekonomi UIN Syahada Padangsidimpuan. Pengetahuan teknologi informasi dan e-commerce secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan Angkatan 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aliman Syahury Zein, M.E.I dan Nur Mutiah, M.Si
Keywords: Pengetahuan; Teknologi informasi; E-commerce; Wirausaha; Mahasiswa; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:14
Last Modified: 10 Dec 2025 08:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13033

Actions (login required)

View Item View Item