Padilah, Ainun (2025) Upaya guru Baca Tulis al-Qur’an (btq) dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-Qur’an di Kelas I Pondok Pesantren Al-Yusufiyah Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1820100304.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana Upaya Guru Baca Tulis Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di kelas I PPS Al-Yusufiyah Kabupaten Tapanuli Selatan, Apa Kendala Yang Dihadapi Guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di kelas I PPS Al-Yusufiyah, dan bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi guru BTQ dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di kelas I PPS Al-Yusufiyah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya guru BTQ dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di kelas I PPS Al-Yusufiyah, kendala apa saja yang dihadapi guru dan bagaimana cara guru BTQ dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di kelas I PPS Al-Yusufiyah Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan Kesimpulan. Hasil yang ditemui oleh peneliti tentang Upaya guru BTQ dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di kelas I PPS Al-Yusufiyah adalah memberi materi pengajaran, membuat les tambahan atau ekstrakulikuler setiap hari senin dan sabtu setelah pulang sekolah, memberi hukuman bagi yang tidak mengikuti les tambahan, dan memberi nasehat ataupun motivasi. Sedangkan kendala yang dihadapi guru BTQ dalam mengatasi kesulitan adalah kurangnya buku peserta didik yang menjadi alata tau referensi bagi siswa , perbedaan karakter peserta didik , peserta didik kurang memahami bacaan Al-Qur’an, dan peserta didik kurang disiplin. Sedangkan cara guru BTQ dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an adalah menjadi pendidik teladan, memahami karakteristik anak, menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif, mengembangkan daya
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. Dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
| Keywords: | Guru; Baca Tulis al-Qur’an (BTQ); Pondok Pesantren Al-Yusufiyah; Kabupaten Tapanuli Selatan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 08:46 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 08:46 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
