Hamzah, Ismail (2025) Analisis perbandingan perilaku konsumen muslim dalam berbelanja di pasar tradisional dan modern. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140200003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan perilaku konsumen Muslim dalam berbelanja di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pergeseran preferensi konsumen Muslim dari pasar tradisional ke pasar modern yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti loyalitas pelanggan, kepedulian terhadap maslahah, kualitas pelayanan, serta kehalalan produk. Selain itu, aspek keputusan berbelanja juga dikaji melalui faktor kebutuhan, lingkungan, kualitas produk, harga, dan promosi.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 orang, masing-masing 48 orang konsumen pasar tradisional dan pasar modern. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji beda dua mean dan uji Chi-Square dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics 26.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku konsumen Muslim dalam berbelanja di pasar tradisional dan pasar modern. Konsumen yang berbelanja di pasar modern cenderung lebih dipengaruhi oleh faktor promosi dan kualitas fisik produk, sedangkan konsumen pasar tradisional lebih mempertimbangkan faktor harga dan interaksi sosial. Selain itu, kesadaran akan pentingnya kehalalan produk dan kepedulian terhadap maslahah belum sepenuhnya menjadi pertimbangan utama dalam proses pengambilan keputusan belanja.Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan kesadaran konsumen Muslim terhadap pentingnya konsumsi yang sesuai dengan nilai-nilai syariah serta penguatan daya saing pasar tradisional melalui perbaikan pelayanan dan sistem manajemen yang lebih baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | M. Fauzan, M.E.I dan Nur Mutiah, M.Si |
| Keywords: | Perilaku konsumen; Konsumen; Muslim; Belanja; Pasar tradisional; Pasar modern |
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 08:02 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 08:02 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
