Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang sembako muslim di Pasar Sangkumpal Bonang

Ritonga, Muhammad Irmansyah (2025) Analisis penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang sembako muslim di Pasar Sangkumpal Bonang. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140200104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang sembako muslim di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan, latar belakang penelitian ini adanya perilaku pedagang sembako muslim di pasar Sangkumpal Bonang yang tidak sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Adanya ketidak sesuaian yang yang dilakukan pedagang sembako muslim di Pasar Sangkumpal Bonang menimbulkan kerugian oleh orang lain, kerugian ini terjadi karena tindakan kecurangan yang dilakukan dalam transaksi jual beli sembako seperti pada pengurangan timbangan. Dan pedagang lebih memilih kepentingan dunia daripada akhirat, dimana dalam waktu sholat tiba pedagang lebih mengutamakan melayani pembeli daripada sholat lebih awal. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan subjek pada penelitian dilakukan dengan sampai mengarah kepada titik jenuh. Informan penelitian ini terdiri dari 10 yaitu 7 pedagang sembako muslim dan 3 pembeli sembako muslim. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang sembako muslim sudah memahami etika bisis Islam seperti pada jujur dalam berdagang, adil dalam takaran timbangan, bersikap ramah kepada pembeli. Dalam penerapan etika bisnis Islam melalui prinsip-prinsip etika bisnis Islam pedagang sembako muslim sudah menerapkan prinsip kehendak bebas dan prinsip ihsan, namun pedagang sembako muslim masih belum menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis islam seperti pada prinsip tauhid, prinsip keseimbangan dan prinsip tanggung jawab sehingga berdampak negatif terhadap pembeli karena merasa dirugikan atas tindakan yang menyimpang dari etika bisnis Islam

Item Type: Thesis (Other)
Supervisors: Dr.Rosnani Siregar,M.Ag dan M. Yarham, M.H
Keywords: Etika bisnis; Islam; Perilaku; Pedagang sembako; Muslim; Pasar Sangkumpal Bonang
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:27
Last Modified: 17 Dec 2025 01:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12991

Actions (login required)

View Item View Item