Pardede, Danda Gunawan (2025) Upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020100142.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Peneliti menjawab tiga pertanyaan, yaitu: Apakah guru Pendidikan Agama Islam memberikan pengetahuan kognitif tentang nilai-nilai toleransi beragama pada siswa kelas VIII di SMP. Apakah guru Pendidikan Agama Islam mencontohkan dan meneladankan penerapan nilai-nilai toleransi beragama pada siswa kelas VIII di SMP. Apakah guru Pendidikan Agama Islam mengevaluasi dan melakukan upaya tindak lanjut dalam menenaman nilai-nilai toleransi beragama pada siswa kelas VIII di SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui cara guru dalam memberikan pengetahuan kognitif yang diberikan kepada peserta didik. Kedua memberi contoh dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama kepada peserta didik. Ketiga mengevaluasi dan melakukan upaya tindak lanjut dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama kepada peserta didik. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penjamin keabsahan data adalah ketekunan pengamatan, perpanjangan waktu penelitian dan triangulasi dan yang terakhir adalah metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama pada kelas VIII di SMP tersebut adalah dengan memberikan pengetahuan kognitif tentang toleransi beragama dengan mengajarkan, mengenalkan arti dari toleransi beragama itu sendiri, seperti saling menghargai, menghormati dan memberikan kebebasan beragama pada agam lain dengan tidak memaksakan kehendak. Guru Pendidikan Agama Islam mencontohkan dan meneladankan penerapan nilai-nilai toleransi beragama dengan bergaul untuk menciptakan kerukunan dan kebersamaan yang baik terhadap peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam mengevaluasi dan melakukan upaya tindak lanjut sebagai cara agar nilai-nilai toleransi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan guru Pendidikan Agama Islam
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
| Keywords: | Guru; Pendidikan agama islam; Toleransi beragama; Siswa; Kelas VIII; SMP Negeri 2 Tapian Nauli; Kabupaten Tapanuli Tengah |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:58 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:58 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
