Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implikasi penerapan active learning dalam praktek ibadah shalat wajib di SMPN 1 Lembah Sorik Marapi

Patlatunnisak, Patlatunnisak (2025) Implikasi penerapan active learning dalam praktek ibadah shalat wajib di SMPN 1 Lembah Sorik Marapi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian yaitu implikasi penerapa active learning dalam praktek ibadah shalat wajin sehingga di dalam pendidikan implikasi penerapan active learning ini sangat penting dalam praktek ibadah shalat wajib siswa dan ada faktor penghambat atau kendala dalam prakte ibadah shalat wajib tersebut.Rumusan masalah ini bagaimana implikasi metode active learning dalam pembelajaran ibadah shalat wajib di SMPN 1 Lembah Sorik Marapi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif yang menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dimana pendekatan ini mementingkan penguraian fenomena yang teramati di lapangan yang berlangsung secara alami, dimana peneliti merupakan instrument utama. Adapun data yang dikumpulkan adalah melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Dari hasil penelitian ini adalah implikasi penerapan active learning dalam praktek ibadah sholat wajib, pada saat proses pembelajaran guru bukan hanya sekedar membari penjelasan atau pemahaman kepada siswa akan tetapi guru juga diharuskan bias dalam mempraktekkan tata cara shalat yang baik dan benar, dan dalam pembelajaran guru juga tidak lipa memberi motivasi supaya siswa lebih rajin lagi dalam praktek maupun pada saat shalat berjama”ah akan dilaksanakan,dan siswa yang tidak ikut shalat nerjama”ah dikarenakan alasan yang tidak bisa diterima maka besoknya dia akan di kenakan sanksi oleh wali kelas dikarenakan tidak ikut shalat berjama”ah di sekolah. Siswa juga diharuskan untuk bertanya kembali kepada guru jika tidak memahami materi yang disampaikan guru, dan murid mempraktekkan tata cara shalat yang baru baru di praktekkan oleh guru.Faktor penghambat yang dihadapi guru dalam menerapkan praktek ibadah shalat yaitu: 1) Siswa yang malas dalam melaksanakan shalat berjama”ah.2)Siswa yang sudah lelah disekolah .3)Siswa yang ingin cepat pulang dan. 4)Tidak adanya info masuk wqaktu shalat di lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd. dan Anwar Habibi Siregar, M.A.HK
Keywords: Active learning; Ibadah; Shalat; SMPN 1 Lembah Sorik Marapi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Dec 2025 05:53
Last Modified: 04 Dec 2025 05:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item