Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengembangan usaha budidaya pepaya california di Desa Siraisan

Nasution, Hikmah (2025) Strategi pengembangan usaha budidaya pepaya california di Desa Siraisan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140400015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Desa Siraisan merupakan salah satu desa di Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatra Utara, yang memiliki potensi besar dalam bidang pertanian. Desa ini memiliki kondisi tanah yang subur dan iklim yang mendukung menjadikan desa ini cocok untuk budidaya pepaya california. Meskipun memiliki peluang pasar yang luas, para petani dihadapkan pada berbagai kendala seperti serangan hama, perubahan iklim yang ekstrem, fluktuasi harga saat musim panen raya, kerentanan lahan terhadap cuaca basah, serta keterbatasan dalam pengelolaan hasil panen dan pemanfaatan media digital untuk promosi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha budidaya pepaya california guna meningkatkan produktivitas, kualitas produk, dan pendapatan petani secara berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC), analisis SWOT dan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap delapan orang petani, satu orang dari dinas koperasi dan distributor buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan elemen dalam BMC, segmen pelanggan dan inovasi nilai produk masih perlu ditingkatkan, dengan kekuatan utama terletak pada ketersediaan bibit unggul varietas IPB 9, serta peluang berasal dari tingginya permintaan pasar. Ancaman utama yang dihadapi adalah biaya distribusi tinggi, ketergantungan pada pasar segar dan perubahan cuaca. Strategi yang direkomendasikan meliputi pengembangan produk (pengolahan pascapanen), diversifikasi produk olahan berbahan dasar pepaya seperti dodol, keripik, dan selai, serta pengembangan pasar dan penetrasi pasar. Strategi pengembangan produk memiliki nilai Total Attractiveness Score (TAS) yaitu 5,76, sedangkan strategi pengembangan pasar (5,33) dan penetrasi pasar (4,73). Total Attractiveness Score (TAS) tertinggi sebesar 5,76, yaitu strategi pengembangan produk dengan nilai tertinggi 0,88 (S1,O1) yang menunjukkan bahwa pendekatan ini merupakan strategi paling efektif untuk meningkatkan produktivitas, memperluas pasar, menambah nilai jual produk, serta memperkuat keberlanjutan usaha budidaya pepaya california di Desa Siraisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rizal Ma`ruf Amidy Siregar, M.M dan Zulaika Matondang, M.Si
Keywords: Pengembangan usaha; Budidaya; Pepaya california; Desa Siraisan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Dec 2025 09:04
Last Modified: 01 Dec 2025 09:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12933

Actions (login required)

View Item View Item