Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIS Aisyiyah Pargadungan

Sipayung, Fitriana (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIS Aisyiyah Pargadungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500182.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah yang mengandalkan penjelasan guru didepan kelas, diikuti dengan latihan soal yang dikerjakan oleh siswa secara individu. Rumusan masalah pada penelitian ini yang pertama adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIS Aisyiyah Pargadungan, (2) Bagaimana deskripsi penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIS Aisyiyah Pargadungan. Adapun tujuan penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIS Aisyiyah Pargadungan, yang kedua untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIS Aisyiyah Pargadungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian pada kelas V yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan dengan cara siswa diarahkan untuk berdiskusi dan berkolaborasi untuk membuat suatu proyek yang telah di jelaskan oleh guru. Hasil penelitian ini menujukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar siswa pada prasiklus sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek mencapai 32% siswa yang tuntas, pada siklus I mencapai 73% siswa yang tuntas, pada siklus II mencapai 91% siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V MIS Aisyiyah Pargadungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Suparni,S.Si.M.Pd. dan Diyah Hoiriyah,M.Pd.
Keywords: Model Pembelajaran; Berbasis Proyek; Hasil Belajar; Siswa; Matematika; Kelas V; MIS Aisyiyah Pargadungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:14
Last Modified: 01 Dec 2025 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item