Apriliyanti, Anggi (2025) Perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran digital dan media pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120200001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang menggunakan media pembelajaran digital berupa aplikasi GeoGebra dengan yang menggunakan media pembelajaran konvensional berupa alat peraga. Penelitian ini membandingkan dua pendekatan besar media pembelajaran: media pembelajaran digital, yang menekankan interaktivitas dan aksesibilitas, dengan media pembelajaran konvensional, yang berfokus pada penyampaian materi pelajaran yang lebih konkret dan mudah dipahami oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 64 siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen 1 yang menggunakan media digital dan kelas eksperimen 2 yang menggunakan media konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar matematika dengan menggunakan Pretest dan Posttest. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Analisis data menggunakan uji-t independen untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan media pembelajaran digital dan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Kelompok yang menggunakan media pembelajaran digital menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hal ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran digital memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika. Penelitian ini merekomendasikan agar guru matematika mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran digital sebagai alternatif atau pelengkap dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd |
| Keywords: | Hasil belajar; Matematika; Siswa; Media pembelajaran digital; Media pembelajaran konvensional; Kelas XI; SMA Negeri 4 Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:07 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:07 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
