Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh hedonic shopping motivation terhadap implusive buying melalui shopping lifestyle pada generasi z

Harahap, Yona Ramadhani (2025) Pengaruh hedonic shopping motivation terhadap implusive buying melalui shopping lifestyle pada generasi z. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140200087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan kemudahan akses terhadap e-commerce telah menyebabkan perubahan pola konsumsi, terutama pada Generasi Z di Kota Padangsidimpuan, perilaku pembelian impulsif semakin meningkat, didorong oleh keinginan untuk memperoleh kesenangan dan mengikuti gaya hidup konsumtif. Hal ini menyebabkan sebagian besar Generasi Z melakukan pembelian tanpa perencanaan dan tanpa mempertimbangkan dampak terhadap kondisi keuangan pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh hedonic shopping motivation terhadap impulse buying melalui shopping lifestyle pada Generasi Z di Kota Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis jalur (path analysis) menggunakan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z berusia 17–28 tahun yang berdomisili di Kota Padangsidimpuan sebanyak 81.771 dan aktif menggunakan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Sampel berjumlah 100 responden yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan dua metode, yaitu secara langsung kepada responden yang ditemui di lokasi, dan secara daring melalui Google Form yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya melalui analisis outer model meliputi uji convergent validity, discriminant validity, construct validity dan AVE serta analisis inner model meliputi R-Square dan F-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hedonic shopping motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying (2) hedonic shopping motivation juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap shopping lifestyle (3) shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dan (4) hedonic shopping motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying melalui shopping lifestyle sebagai variabel mediasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I
Keywords: Hedonic shopping; Implusive buying; Shopping lifestyle; Generasi z
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Nov 2025 04:59
Last Modified: 25 Nov 2025 04:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

View Item View Item