Caniago, Rayhana Fithrah (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Man 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020100126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian berfokus pada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Padangsidimpuan. Permasalahan yang dihadapi siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu: 1) Di zaman sekarang ini merupakan keharusan dalam membimbing remaja dalam menemukan solusi dari segala permasalahan dan menemukan potensi diri, 2) Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa masih banyak yang berdiskusi tentang pengetahuan hapalan dan sedikit yang membahas tentang penalaran dan menganalisis, 3) Sekolah yang sudah menggunakan kurikulum merdeka seharusnya sudah menggunakan model pembelajaran problem based learning.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang significant melalui model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sumpling. Kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas control berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 86,80 dan kelas kontrol sebesar 75,20. Ada pengaruh yang significant model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Padangsidimpuan. Hasilnya diperoleh dari nilai significant 0,05 yaitu thitung > ttabel dengan taraf 5% sehingga 2.813 > 1.297 sehingga Ha diterima HO ditolak artinya ada pengaruh yang significant antara penerapan model Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Abdusima Nasution, M.A. dan Dr. Muhammad Roihan Daulay, M.A. |
| Keywords: | Problem Based Learning; Kemampuan; Berpikir kritis; Siswa; Akidah; Akhlak; Man 1 Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 04:33 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 04:33 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
