Sihombing, Azis Rifai (2025) Implementasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran pendidikan agama islam peserta didik kelas viii di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020100203.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Implementasi Nilai-Nilai Moral dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan”. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan penerapan nilai-nilai moral dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaannya. Fokus penelitian diarahkan pada upaya guru dalam menanamkan nilai moral kepada peserta didik, melalui proses pembelajaran maupun keteladanan sikap dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan karakter peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Seiring dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, banyak tantangan moral yang dihadapi peserta didik, seperti menurunnya sikap disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam menjadi sarana penting dalam membentuk kepribadian yang berakhlak mulia, dengan menanamkan nilai-nilai moral yang bersumber dari ajaran Islam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi terhadap kegiatan belajar-mengajar, wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik, serta dokumentasi dokumen terkait di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga diperoleh gambaran menyeluruh tentang implementasi nilai-nilai moral di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai moral telah dilakukan melalui beberapa cara, antara lain dengan menanamkan nilai kejujuran dalam setiap tugas yang diberikan, membiasakan sikap disiplin melalui ketepatan waktu belajar, serta mengajarkan sikap toleransi dan tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari di sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam berperan aktif menjadi teladan bagi peserta didik. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti metode pembelajaran yang masih dominan bersifat teoritis tanpa penerapan praktik nyata, kurangnya konsistensi keteladanan guru, pengaruh negatif media sosial yang sulit dikontrol, serta rendahnya keterlibatan orang tua dalam membimbing anak di luar sekolah. Secara keseluruhan, implementasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan telah memberikan dampak positif terhadap perkembangan sikap dan perilaku peserta didik, meskipun masih diperlukan penguatan dalam metode pengajaran, keteladanan, serta kerjasama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Prof. Dr. Erawadi, M.Ag dan Hamidah, M.Pd |
| Keywords: | Moral; Pendidikan agama islam; Peserta didik; Kelas viii; SMP Negeri 4 Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 03:07 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 03:07 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
