Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan Teknologi Internet Of Things (IOT) dan inovasi produk terhadap perkembangan usaha Bidang Fashion: studi kasus Pasar Sangkumpal Bonang

Maysaroh, Maysaroh (2025) Pengaruh penggunaan Teknologi Internet Of Things (IOT) dan inovasi produk terhadap perkembangan usaha Bidang Fashion: studi kasus Pasar Sangkumpal Bonang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140200061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan Internet Of Things dan Inovasi Produk merupakan dua pilar penting dalam perkembangan usaha modern. Internet of things melalui media sosial mempercepat pemasaran dan membangun hubungan dengan konsumen, sementara inovasi produk memastikan bahwa apa yang ditawarkan tetap unggul dan relevan. Kombinasi keduanya memperkuat posisi usaha di pasar dan mendorong pertumbuhan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang “Pengaruh Penggunaan Internet Of Things Dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha Pada Usaha Bidang Fashion (Studi Kasus Pasar Sangkumpal Bonang)”.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pelaku usaha bidang fashion di pasar sangkumpal bonang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan (observation) dan daftar pertanyaan (angket).Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus taro yamane, sehingga sampel yang digunakan adalah 90 para pelaku usaha. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS 26. Berdasarkan hasil uji simultan, nilai Fhitung> Ftabel diperoleh 32.598> 2,76 artinya positif. Sementara nilai pada kolom sig 0.000 < 0.1 artinya signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan internet of things Dan Inovasi Produk secara simultan dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan Usaha fashion di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa; 1.) Secara parsial variabel internet of tings berpengaruh terhadap terhadap perkembangan usaha fashion 2.) Secara parsial variabel inovasi produk berpengaruh terhadap perkembangan usaha. 3.) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel internet of things dan inovasi produk terhadap perkembangan usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, M.Si dan Sulaiman Efendi, M.E
Keywords: Teknologi; Internet; Inovasi Produk; Usaha Bidang Fashion; Pasar Sangkumpal Bonang
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120306 Textile and Fashion Design
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:04
Last Modified: 21 Nov 2025 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item