Sutan, Tabrani (2023) Pengembangan assesment for learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar Siswa SMK Negeri 2 Kotanopan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2150500015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan suatu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki siswa dalam belajar matematika.Berdasarkan Depdiknas dalam pemahaman konsep merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam belajar Matematika. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soalsoal yang berkaitan dengan SPLDV masih tergolong rendah/kurang. Ini disebabkan banyak siswa yang merasa kesulitan mengerjakan sosal-soal yang non rutin yaitu soal yang membutuhkan pemikiran lebih kreatifuntuk menyelesaikannya. Dalam hal ini diperlukan suatu model penilaian yang lebih menekankan penilaian formatif. Dalam hal ini, penilaian yang dimaksud adalah Asessment For Learning (AFL). Penilaian merupakan alat yang vital dalam menentukan hasil pembelajaran yang berkualitas. Asessment For Learning (AFL) dalam bahasa indonesia dikenal dengan istilah penilaian untuk belajar. Penilaian untuk belajar biasanya digunakan di dalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan tujuan menciptakan interaksi antara guru dan siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa. Pemahaman konsep matematis siswa adalah kemampuan memahami, menjelaskan, mengaplikasikan, dan mengungkapkan kembali apa yang telah dikomunikasikan kepadanya. Mampu menggunakan konsep dengan berbagai situasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana validitas, praktikalitas dan efektivitas pengembangan asessment for learning (AFL) terhadap kemampauan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar siswa SMK Negeri 2 Kotanopan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Hasil uji coba skala kecil pada aspek ketertarikan yaitu 91,5% dengan kategori sangat layak, aspek materi yaitu 89,6%, dan aspek bahasa yaitu 94%. Hasil kelayakan assessment for learning dari ujicoba berupa tes butir soal dinyatakan valid mclalui validasi seacra empiris dengan menggunakan MS. Excel. Hasil analisis validitas dilihat berdasarkan nilai MNSQ dan ZSTD menunjukkan terdapat 9 soal yang dapat valid dan I soal tidak valid untuk sampel I, 8 soal dinyatakan valid dan 2 soal dinyatakan tidak valid untuk sampel Il dan sampel Ill dengan nomor item yang berbeda. Hasil analisis reliabilitas untuk ketiga sampel mendapatkan hasil person reliability, item reliability, dan cronbach alpha dengan kategori bagus, hal tersebut menyatakan bahwa produk assessment for learning yang dikembangkan sudah berkategori baik.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si |
| Keywords: | Pengembangan; Assesment for learning; Konsep matematis; Gaya belajar; Siswa; SMK Negeri 2 Kotanopan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 05:01 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 05:01 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
