Hasibuan, Rismarayani (2025) Strategi guru pendidikan agama islam mengatasi learning disabilities dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1405 Parapat Kabupaten Padang Lawas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2150100032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran pada anak Learning disabilities membutuhkan beberapa strategi yang disesuaikan pada kondisi anak. Kesulitan membaca, kesulitan dalam ekspresi tulisan, dan kesulitan dalam proses berhitung merupakan bagian dari learning disabilities pada kelompok masalah prestasi akademik. Karakteristik yang umumnya dimiliki oleh siswa dengan learning disabilities, dikelompokkan kedalam enam macam masalah, yaitu masalah prestasi akademis; masalah perseptual, perseptual-motor, dan kordinasi umum; gangguan atensi dan hiperaktivitas; masalah memori, kognitif, dan metakognitif; masalah sosial-emosional; dan masalah motivasional. Dari klasifikasi tersebut masalah prestasi akademik terbagi dalam istilah disleksia, diskalkulia dan disgrafia. Guru dan siswa memiliki peran yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Belajar dapat dijalankan dengan baik jika mereka memiliki kesadaran belajar dan mengajar satu sama lain. Namun kadang-kadang ada masalah yang datang dari siswa dan guru tidak menyadarinya. Penelitian ini tidak menggunakan angka dan statistik sebagai pengolahan data. Sebagaimana yang dikutip oleh Sugiyono dan Bogdan dan Bikien: “qualitative reseach is descriptive. The data collected is in the form of words of pictures rather than number“ Bahwa dalam penelitian kualitatif lebih bersifat deskriptif. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka. Namun demikian tidak berarti bahwa dalam penelitian ini sama sekali tidak diperbolehkan menggunakan angka. Namun demikian tidak berarti bahwa dalam penelitian ini sama sekali tidak diperbolehkan menggunakan angka. Analisis hasil penelitian ini menunjukkan 1. Deskripsi Mengatasi Masalah Learning Disabilities Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 1405 Parapat Kabupaten Padang Lawas : Kesulitan belajar merupakan salah satu masalah yang dihadapi siswa khususnya dalam belajar dan bentuk-bentuk masalah belajar yang dihadapi siswa misalnya susah konsentrasi, tidak aktif dalam belajar, sulit menangkap pelajaran, mudah lupa dan sebagainya. Kesulitan yang dihadapi siswa yang pertama ialah sulit memahami materi yang disampaikan dan disisi lain siswa juga sangat malas membaca buku terkait materi yang dipelajari. 2. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Masalah Learning Disabilities Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 1405 Parapat Kabupaten Padang Lawas: a. Pengamatan, b. Pendekatan, c. Memberikan Motivasi, d. Menyarankan kepada orang tua siswa untuk belajar dirumah, e. Metode Drill/ megulang kembali, f. Menambah jam di luar pelajaran di sekolah, g. Mengadakan Sarana dan Prasarana. 3. Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Masalah Learning Disabilities Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 1405 Parapat Kabupaten Padang Lawas: a. Internal : 1) Kurangnya Motivasi Siswa dalam Belajar, 2) Kesulitan berfikir, 3) Kesulitan membaca, 4) Konsentrasi Belajar Siswa, 5) Kecerdasan Siswa yang Berbeda, b. Eksternal: 1) Keluarga, 2) Lingkungan, 3) Jam pembelajaran yang terbatas.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Supervisors: | Prof. Dr. Erawadi, M.Ag dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
| Keywords: | Strategi; Guru; Pendidikan agama islam; Learning disabilities; Pembelajaran; Sekolah Dasar Negeri 1405 Parapat; Kabupaten Padang Lawas |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 01:42 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 01:42 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
