Hasibuan, Nur Aisyah (2025) Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari self-efficasy dan pola pikir matematis siswa. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2250500010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematika siswa yang disebabkan beberapa factor. Dua diantara yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa adalah Self-efficacy dan pola pikir matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika ditinjau dari self efficacy dan pola pikir siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi matematika terdiri beberapa kategori, dimana terdapat 5 siswa pada kategori sangat baik, 13 siswa pada kategori baik, 4 siswa pada kategori cukup dan 10 siswa pada kategori kurang. Dan rata-rata tes kemampuan literasi matematika adalah 74,35. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika secara keseluruhan tergolong cukup. (2) Self-efficacy terdiri dari beberapa kategori, dimana terdapat 5 siswa dengan self-efficacy yang sangat tinggi, 11 siswa dengan self-efficacy yang tinggi, 9 siswa dengan self-efficacy yang sedang, 5 siswa dengan self-efficacy yang rendah dan 2 siswa dengan self-efficacy yang sangat rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa Self-efficacy secara keseluruhan tergolong sedang. (3) Pola pikir matematis siswa terdiri dari beberapa kategori, terdapat 6 siswa dengan pola pikir yang sangat tinggi, 12 siswa dengan pola pikir yang tinggi, 8 siswa dengan pola pikir yang sedang, 4 siswa dengan pola pikir yang rendah dan 2 siswa dengan pola pikir yang sangat rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa pola pikir matematis secara keseluruhan tergolong sedang. (4)Self-efficasy dan pola pikir matematis siswa berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan literasi matematika kelas VII MTs Robi'ul Pasar Latong. Siswa dengan tingkat self-efficasy yang tinggi cenderung memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan matematika, sementara siswa dengan pola pikir matematis yang baik mampu berpikir logis, sistematis dan reflektif dalam menyelesaikan masalah yang kontekstual
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Almira Amir, M.Si |
| Keywords: | Kemampuan literasi; Matematika; Self-efficasy; Pola pikir; Matematis; Siswa |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 01:38 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 01:38 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
