Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran berkelanjutan UMKM Kota Padangsidimpuan di era digital marketing

Siregar, Dinda Anggi Afrianti (2025) Analisis strategi pemasaran berkelanjutan UMKM Kota Padangsidimpuan di era digital marketing. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140400038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Padangsidimpuan menghadapi tantangan dalam mengadopsi strategi pemasaran digital di era Industri 4.0. Meskipun digitalisasi menawarkan peluang untuk meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan pasar, dan membangun citra merek, banyak UMKM yang masih mengalami kendala seperti kurangnya pengetahuan, infrastruktur, dan sumber daya untuk menerapkan pemasaran digital secara efektif. Hal ini berisiko mengakibatkan kehilangan peluang pasar dan penurunan penjualan, terutama di kalangan generasi muda yang lebih aktif di platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran berkelanjutan yang dapat diterapkan oleh UMKM di Padangsidimpuan untuk menghadapi tantangan tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan platform digital dalam meningkatkan visibilitas dan daya saing pada UMKM Kota Padangsidimpuan. Adapun Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Explanatory. Dalam suatu penelitian diperlukan adanya suatu data sebagai hasil akhir dari penelitian. Untuk pengumpulan data yang konkrit peneliti melaksanakan beberapa teknik pengumpulan data dengan Observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara), Dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data dalah tenik triangulasi Adapun triangulasi yang digunakan ialah Triangulasi Sumber dan Triangulasi Metode. Berdasarkan hasil wawancara dapat dipahami bahwa penggunaan platform digital tidak hanya untuk melakukan promosi saja melainkan dengan cara memposting video ataupun foto yang menarik sehingga pelanggan tertarik dalam membeli produk yang telah dipromosikan di media sosial. Dari hasil promosi tersebut juga didapatkan keuntungan yang besar. Pengetahuan masyarakat akan digital marketing sangat penting dalam memasarkan produk dan mempromosikannya. Selain itu dalam melakukan promosi juga harus paham akan adanya strategi platform digital, dimana strategi ini berupa mesin pencari atau SEO. Tantangan atau kendala seperti keterbatasan pemahaman pelaku UMKM dan preferensi konsumen terhadap pembayaran tunai. Sebagian besar masyarakat di kota Padangsidimpuan belum paham akan adanya pemasaran digital, mereka lebih memilih berbelanja offline di bandingkan online. Selain itu banyak juga UMKM yang sudah paham akan adanya pemasaran digital sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi pangsa pasar yang terdapat di media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sry Lestari, M.E.I dan Ferri Alfadri, M.E
Keywords: Pemasaran berkelanjutan, Digital marketing, Strategi pemasaran, UMKM
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:01
Last Modified: 21 Nov 2025 03:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12773

Actions (login required)

View Item View Item