Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh iklan televisi dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian televisi merek LG : Studi Kasus Masyarakat Desa Palopat Pijorkoling

Safitri, Irma Dewi (2018) Pengaruh iklan televisi dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian televisi merek LG : Studi Kasus Masyarakat Desa Palopat Pijorkoling. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya masyarakat saat ini membutuhkan televisi sebagai sarana untuk mendapatkan informasi serta sebagai sarana hiburan. Salah satu merek televisi yang terkenal adalah LG, dimana masyarakat Desa Palopat Pijorkoling lebih memutuskan untuk membeli televisi merek LG dibanding dengan merek lainnya padahal harga televisi merek LG relatif lebih mahal dibanding merek lainnya yang menyediakan fitur yang relatif sama. Masyarakat Desa Palopat Pijorkoling terdiri dari 955 Kepala Keluarga dan dari survei yang dilakukan peneliti terdapat 492 KK yang menggunakan televisi merek LG. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah iklan televisi dan ekuitas merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian televisi merek LG.Teori dalam penelitian ini membahas tentang keputusan pembelian, serta teori mengenai iklan televisi dan ekuitas merek. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui iklan televisi dan ekuitas merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian televisi merek LG. Penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, bagi perusahaan, dan bagi peneliti selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan iklan televisi, ekuitas merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 84 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket dan dokumen. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian yaitu nilai R sebesar 0,799, nilai R Square = 0,638 artinya iklan televisi dan ekuitas merek mampu menjelaskan variabel dependen atau keputusan pembelian sebesar 63,8 persen sedangkan 36,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Iklan televisi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian televisi merek LG, dengan nilai thitung> ttabel (10,298>1,663). Variabel ekuitas merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian televisi merek LG, dengan thitung> ttabel (2,168> 1,663). Variabel iklan televisi dan ekuitas merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian televisi merek LG, dengan nilai Fhitung > Ftabel (71,528 > 2,37). Kata Kunci : Iklan Televisi, Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Iklan Televisi;Merek
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 07 May 2020 01:43
Last Modified: 06 Jul 2020 02:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item