Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengamalan keberagamaan guru pendidikan agama Islam tentang pakaian di SD Negeri 200117 Sadabuan Kota Madya Padangsisimpuan

Syafitri, Aulia (2025) Pengamalan keberagamaan guru pendidikan agama Islam tentang pakaian di SD Negeri 200117 Sadabuan Kota Madya Padangsisimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100331.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam merupakan pendidik yang ditunjuk dengan tugas utamanya adalah mendidik siswa bagaimana memahami dan mengamalkan Islam dengan baik dan benar. Proses mengetahui, memahami, dan mengaplikasikannya tidaklah sesederhana membalikkan telapak tangan. Perlu proses yang matang, jangka panjang, berkesinambungan. Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai individu yang berakhlak religius menjadi sangat penting, di mana budaya masyarakat cenderung mengabaikan nilai-nilai Agama dan lebih memprioritaskan urusan duniawi. Agama telah menjadi terasing dari kehidupan kita karena tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita dalam segala aspek, yang seharusnya mencakup kepercayaan, ibadah, pekerjaan, perasaan, perilaku, politik, ekonomi, sosial, dan lain-lain. Upaya mencapai pendidikan Agama Islam berkualitas, harus dimulai dengan Guru Pendidikan Agama Islam yang berkualitas, yang memiliki sikap keAgamaan sebagai teladan pada anak didiknya. Guru Pendidikan Agama Islam yang berkualitas memiliki sikap dan nilai-nilai keagamaan yang dapat diteladani sehingga sekolah tersebut menjadi sorotan yang baik di kacamata masyarakat serta dijuluki sekolah teladan. Namun masih terdapat Guru yang masih memakai jilbab mini sehingga belum Sampai menutup dada, menutup lekuk tubuh, pakaian yang ketat. Metodologi penelitian ini merupakan metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti melalui pengumpulan dan analisis data yang bersifat deskriptif dan kontekstual. Analisis metodologi penelitian kualitatif dalam pengumpulan data di penelitian ilmiah pada penyusunan mini riset dapat berasal dari beberapa pertimbangan. Analisis hasil ini bertujuan sebagai berikut: Pengamalan keberagamaan Guru Pendidikan Agama Islam tentang pakaian di SD Negeri 200117 Sadabuan Kota Madya Padangsidimpuan, Hal ini terbukti dari tanggapan Guru Pendidikan Agama Islam lainnya dan observasi peneliti yang menilai positif Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 200117 Sadabuan Kota Madya Padangsidimpuan yang terus berupaya mengusahakan keistiqomahan pada diri seorang Guru Pendidikan Agama Islam yang menjadi teladan yang baik bagi siswanya agar siswanya juga memiliki pengamalan keberagamaan dalam berpakaian yang baik sesuai anjuran Agama Islam dab Faktor yang mempengaruhi Pengamalan keberagmaan Guru Pendidikan Agama Islam tentang pakaian di SD Negeri 200117 Sadabuan Kota Madya Padangsidimpuan yaitu terdiri dari faktor internal (dalam diri Guru Pendidikan Agama Islam itu sendiri) yakni dengan mentaati perintah allah dan menjauhi larangannya mengamalkan Agama Islam dengan menyeluruh dan istiqomah. Sedangkan faktor eksternalnya adalah teman kolega sesama Guru Pendidikan Agama Islam, lingkungan sekitar Guru dan lingkungan keluarga Masyarakat serta pengaruh perkembangan zaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Amin, M.Ag dan Dr. H. Sufrin Efendi Lubis, Lc, M.A
Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; SD Negeri 200117; Sadabuan; Kota Madyah Padangsisimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:59
Last Modified: 21 Nov 2025 02:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item View Item