Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI yang menyenangkan Di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan

Sihombing, Rahmat Ashari (2025) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI yang menyenangkan Di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100196.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi pada pembelajaran PAI yang menyenangkan di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi pada pembelajaran PAI yang menyenangkan di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan? Dan Apa faktor pendukung guru dalam meningkatkan motivasi pada pembelajaran PAI yang menyenangkan di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peran guru PAI kelas VII di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan dalam menciptakan motivasi pada pembelajaran PAI menyenangkan melalui pendekatan menyapa peserta didik dengan ramah dan semangat, menciptakan lingkungan kelas yang menarik, memotivasi peserta didik, menggunakan ice breaking, menggunakan metode yang variatif. Dengan adanya penggunaan variasi metode pembelajaran dan pengelolaan kelas, diantaranya adalah metode diskusi, tanya jawab, metode ceramah, cerita inspiratif, permainan eduktif, Sedangkan pengelolaan kelas dengan memvariasikan formasi huruf U, formasi lingkaran, formasi corak tim, kelas tradisional. Selain itu guru juga memotivasi peserta didik dengan memberikan dorongan untuk selalu aktif dalam menjawab soal maupun aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, guru memberikan dukungan kepada peserta didik untuk giat belajar, guru memberikan pujian, guru memberikan hadiah, guru memberikan nilai sebagai simbol atas keberhasilan peserta didik. Adapaun faktor pendukung guru dalam meningkatkan motivasi pada pembelajaran PAI yang menyenangkan di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan yaitu: guru sebagai pemimpin dan pendidik, kurikulum, gedung dan sarana kelas, murid sebagai potensi kelas, dan dinamika kelas untuk kepentingan murid dalam proses kependidikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Dr. Lazuardi, M.Ag
Keywords: Peran guru: Meningkatkan; Motivasi belajar; Siswa; Pembelajaran PAI; Menyenangkan; SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:55
Last Modified: 24 Nov 2025 04:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12755

Actions (login required)

View Item View Item