Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan alat peraga pembelajarana biologi berbasis limbah pada materi sistem peredaran darah pada manusia di SMAN 1 Sipirok

Pohan, Misla Husnah (2025) Pengembangan alat peraga pembelajarana biologi berbasis limbah pada materi sistem peredaran darah pada manusia di SMAN 1 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120800015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya alat pembelajaran yang inovatif dan ramah lingkungan dalam proses pembelajaran biologi, khususnya dalam menjelaskan konsep abstrak seperti sistem peredaran darah manusia. Pengembangan alat peraga ini memanfaatkan limbah (B2) anorganik seperti botol plastik, kayu atau triplek, karton, dan selang bekas yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar, sehingga mendukung prinsip pembelajaran berbasis lingkungan dan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga pembelajaran biologi berbasis limbah yang digunakan dalam materi sistem peredaran darah pada manusia di SMA Negeri 1 Sipirok. Penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, design, devlopment, implementation and evaluation). yang dimodifikasi menjadi beberapa tahapan, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi akhir. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji kelayakan dilakukan melalui observasi dan angket terhadap guru dan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sipirok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga berbasis limbah ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 80% dan oleh ahli media sebesar 90%. Selain itu, tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan alat peraga ini tergolong sangat positif dengan rata-rata skor di atas 90,62%. Alat ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep peredaran darah secara visual dan praktis, tetapi juga menanamkan kesadaran terhadap pentingnya pengelolaan limbah dan kreativitas dalam menciptakan media belajar yang bermanfaat. Dengan demikian, pengembangan alat peraga pembelajaran biologi berbasis limbah ini dapat menjadi solusi inovatif dan edukatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di sekolah menengah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Fery Kurniawan,M.Si
Keywords: Alat peraga; Biologi berbasis limbah; Materi sistem peredaran Ddrah Manusia; SMA N 1; Sipirok
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:52
Last Modified: 21 Nov 2025 02:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item