Putri, Ariyanti (2018) Pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan pada Koperasi Agrina Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00142.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan yang semakin ketat, menuntut sebuah industri berupaya secara maksimal untuk memperoleh keberhasilan. Salah satu indikatornya dengan melihat tingkat penjualan. Dalam menjalankan bisnisnya Koperasi Agrina belum memiliki manajemen pemasaran yang baik, hal ini dilihat dari tingkat volume penjualan yang tidak sesuai dengan harapan atau mengalami penurunan. Selain itu dalam kenyatannya ditemukan fenomena yang bertentangan dengan teori, yaitu ketika harga jual meningkat, jumlah barang yang diminta juga meningkat. Rumusan masalah adalah apakah harga dan promosi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap volume penjualan pada Koperasi Agrina Tapanuli Selatan. Teori dalam penelitian ini membahas tentang penjualan, volume penjualan, serta teori mengenai harga dan promosi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui harga dan promosi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap volume penjualan. Penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan, bagi akademik, bagi peneliti, dan bagi masyarakat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan penjualan, faktor-faktor yang memengaruhi volume penjualan, harga, dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan Purposive Sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 160 data harga, promosi dan volume penjualan. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis dengan bantuan softwareSPSS versi23. Hasil penelitian yang diperoleh nilai R sebesar 0,283 dan nilai R Square sebesar 0,80 artinya harga dan promosi mampu menjelaskan variabel volume penjualan produk olahan salak Koperasi Agrina tahun 2015-2017 sebesar 8% sedangkan sisanya sebesar 92% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Variabel Harga tidakberpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan, dengan nilai thitung< ttabel (0,963< 1,654). Variabel promosi berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan, dengan thitung> ttabel (3,023 > 1,654). Secara simultan variabel harga dan promosi berpengaruh terhadap volume penjualan produk olahan salak pada Koperasi Agrina tahun 2015-2017 sebesar 6,858, dengan nilai Fhitung> Ftabel (6,858> 2,66).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Volume Penjualan; Harga; Promosi (Diskon) |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 May 2020 05:31 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 08:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
View Item |