Lubis, Linda Apriani (2025) Penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas III SD Negeri 309 Manisak Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020500166 - Copy - Linda Apriani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri 309 Manisak Mandailing Natal. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh pembelajaran seringkali didominasi dengan kegiatan mencatat, membaca buku, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan dan guru belum menerapkan pendekatan yang sesuai sehingga siswa kurang antusias untuk mengikuti pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan atau peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan penekatan Contextual Teaching Learning pada pelajaran IPA di kelas III SD Negeri 309 Manisak Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru wali kelas. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas III SD Negeri 309 Manisak Mandailing Natal, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dari mulai pra siklus sampai siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pra siklus dengan nilai rata-rata siswa keseluruhan adalah 60,5 dengan persentase ketuntasan 25%. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa keseluruhan 66,5 dengan persentase ketuntasan 40%. Pada siklus I pertemuan II rata-rata siswa keseluruhan 71,5 dan persentase ketuntasan 50%. Kemudian pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa keseluruhan 77,5 dengan persentase ketuntasan 65% sedangkan pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa keseluruhan meningkat menjadi 84,5 dengan persentase ketuntasan 85%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc |
| Keywords: | Contextual Teaching Learning; Hasil belajar; IPA; Siswa Kelas III SD Negeri 309 Manisak Mandailing Natal. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 08:24 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 08:24 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
