Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi ekstrakurikuler rohani Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan

Rambe, Juni Marito (2025) Implementasi ekstrakurikuler rohani Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120100057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Realitas sikap keberagamaan siswa di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan mengalami kemunduran. Hal ini terlihat dari sikap siswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama antara lain; siswa sering melalaikan kewajibannya kepada Allah terutama dalam hal shalat wajib, salah satunya shalat zuhur di sekolah yang bisa dipantau oleh pihak sekolah, sering absen dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah seperti peringatan hari-hari besar Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam dalam membentuk karakter peserta didik, dan mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan rohani Islam di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif deskriptif yang menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan kenyataannya. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui wawancara dan observasi menemukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan meliputi sholat zuhur berjamaah, pengumpulan infak, mentoring/liqah, membaca Al-Qur’an, pesantren kilat, kunjungan dan santunan anak yatim, buka puasa bersama, serta peringatan hari besar Islam seperti Isra' Mi’raj, tahun baru Islam, dan Maulid Nabi. Kegiatan ini terbagi menjadi kegiatan harian (sholat berjamaah), kegiatan mingguan (mentoring dan membaca Al-Qur’an setiap Jumat, pengumpulan infak), dan kegiatan tahunan (peringatan hari besar dan kegiatan sosial keagamaan). Pelaksanaan kegiatan dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi dan kebiasaan, serta faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Samsuddin, M. Ag. dan Nursri Hayati, M. A
Keywords: Rohani Islam, Keberagamaan, Sikap, Ekstrakurikuler; Pembentukan karakter; Peserta didik; SMA Negeri 2 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:51
Last Modified: 21 Nov 2025 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12744

Actions (login required)

View Item View Item