Harahap, Winda Hartina (2018) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Gunung Tua Kecamtan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00137.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kualitas pelayanan RSUD Gunung Tua yang menyebabkan terdapat keluhan masyarakat sehingga kepuasan tidak terpenuhi. Fenomena masalah tersebut terdapat pada berita “Harian Analisa” menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan RSUD kurang baik termasuk diantaranya ketersediaan obat bagi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Gunung Tua Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen, sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. kualitas pelayanan adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara tidak berwujud dapat dirasakan hasil kinerjanya dalam memenuhi harapan pasien secara konsisten. Sedangkan kepuasan pasien adalah keseluruhan sikap yang ditunjukkan pasien atas jasa setelah mereka memperoleh dan menggunakannya. Jadi, jika pelayanan yang diberikan pegawai rumah sakit diantaranya dokter dan perawat secara sempurna kepada pasien maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner (angket) dengan jumlah sampel 100 pasien. Alat analisis menggunakan alat bantu komputer dengan menggunkan program SPSS (Statistical Product And Service Solution) versi 23. Teknik analisis data yang digunakan dengan metode uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi R2, dan uji parsial (uji t). Hasil penelitan diperoleh R square sebesar 0,196 atau 19,6% yang berarti variabel kepuasan pasien dapat dijeaskan oleh variabel kualitas pelayanan sebesar 19,6% sedangkan sisanya sebesar 80,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian dari uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (4,881 > 1,660).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien Rawat Inap |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 May 2020 05:22 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 08:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
View Item |